Rabu, 25 Juli 2012

♥ Visi & Misi Pernikahan ♥

Bismillahirrahmanirrahiim...
Berbekal dari Sebuah Visi & Misi kami:
Visi dan Misi dalam sebuah keluarga memiliki peran sangat signifikan , mengingat bahwa keluarga adalah sebuah organisasi maka Visi berperan sebagai muara atau tujuan sedangkan Misi berfungsi sebagai sarana . sebelum kami merancang, membangun, melaksanakan dan menselaraskan Visi dan Misi keluarga kami ,  ada Visi dan Misi yang kami rancang sebelumnya , dalam hal ini tentunya ada keselarasan Visi dan Misi pada kami dengan tolak ukur kebaikan.
Seputar Visi & Misi Ikhwan   
Visi
Membina Keluarga Dakwah yang Mandiri & Kaya
Misi
Menjadikan keluarga sebagai sarana tarbiyah.

Menjadikan keluarga yang mandiri secara sikap (matang) & mandiri secara finansial (ekonomi).

Menjadikan keluarga yang kaya ilmu & kaya amal sholeh.



Seputar Visi & Misi Akhwat
Visi 
Mewujudkan keluarga Bahagia  & Selamat Dunia Akhirat
Misi 
Terbina Ruhiyah yang sinergi dan kokoh dalam menjalankan perintah Allah dan Sunnah Rasul serta tuntunan Al-Qur’an yang bermuara pada Aqidah & Ahlak yang benar .

Terbina Fikriyah melalui pemahaman ilmu agama dan umum sebagai landasan dalam beramal dan beraktifitas.
Terbina Jasadiyah sebagai modal berikhtiar dalam meraih amal dan ilmu yang optimal.

Optimalisasi peran anggota keluarga (suami, istri dan anak) berdasrkan kewajiban masing-masing dan saling membina, mengingatkan serta membiasakan musyawarah dalam berbagai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi target dalam keluarga.

Menyempurnakan ikhtiar untuk memperkuat pilar finansial dan sebisa mungkin menularkannya kepada ummat.
  
Di atas merupakan sepenggal Visi dan Misi kami saat proses ta'aruf , setelah kami dipertemukan dalam sebauh naungan keluarga maka bisa jadi konteks berubah namun esensinya sama berada pada nilai-nilai kebaikan .  Berlandaskan dari sebuah paradigma berfikir bahwa keluarga adalah sebuah lembaga , maka sebagai lembaga harus terorganisasi . Ada pemimpin ada yang dipimpin . Ikatan antara pemimpin dan yang dipimpin adalah ikatan kerjasama . Kerjasama haruslah punya tujuan yang terukur. Dan tujuan yang ingin dicapai haruslah diketahui bagaimana cara mencapainya . Itu artinya, cara pencapaiannya harus direncanakan . Setiap rencana baru bisa sukses jika diiringin kemauan yang kuat (azzam).

Dan salah satu rahasia keberhasilan realisasi sebuah rencana adalah ketika rencana itu dibuat dengan prinsip syura . Semakin tinggi tingkat partisipasi, maka akan semakin tinggi potensi keberhasilan tujuan itu dicapai . Artinya, keluarga juga akan sukses mencapai tujuan-tujuannya jika menerapkan prinsip syura dalam perencanaannya.

Semoga kami mampu membangun Visi yang bermuara pada Ridho Illahi , mampu menselaraskan langkah melalui Misi dan merealisasikan kerja-kerja pasti, hingga hakikat kebahagiaan di dunia dan akhirat terteguk oleh keluarga kami kelak ... 

1 komentar: